Senin, 19 Juli 2010

JALAN-JALAN KE PHILADELPHIA


Sejak kedatangan tamu dari Philly, saya terdorong untuk jalan-jalan ke sana. Kebetulan kawan saya yang datang minggu lalu membawa mobil pribadi sehingga jika saya ikut, saya bisa menghemat ongkos. Maklum, perjalanan ke sana membutuhkan waktu sekitar 12 jam dengan biaya sekitar 100 dollar (900ribu, wow). Awalnya saya memutuskan untuk tidak ikut ke Philly, namun karena mereka rela menunggu hingga akhir pekan (padahal mereka sudah berada di Buffalo sejak Selasa), saya pun bisa numpang sampai ke Philly. Alhamdulillah, gratis nih.

Berangkat dari Buffalo sekitar pukul 3 sore, kami sampai rumah sekitar pukul 1 malam. Lelah dan letih setelah menempuh perjalanan panjang membuat saya harus segera istirahat. Pagi-pagi, Mas Jun, begitu nama suami teman saya, Nuraini, sudah siap mengajak jalan-jalan menggunakan bis umum menuju Downtown Philly.

Di downtown, terletak sejumlah pusat perbelanjaan dan bisnis. Juga, saya bisa menikmati beberapa tempat bersejarah Amerika. Philly yang merupakan salah satu kota tua Amerika ternyata pernah menjadi pusat pemerintahan pertama sebelum pindah ke Washington DC. Dengan demikian, banyak tempat penting yang dulu menjadi simbol negara, misalnya Liberty Bell dan istana presiden. Liberty Bell merupakan bel penanda kemerdekaan Amerika pada tanggal 4 Juli 1776, 234 tahun lalu. Bentuknya seperti bel pada umumnya dengan ukuran besar, warna coklat tua dengan keliling sekitar dua rangkulan tangan orang dewasa. Selain itu,istana presiden tempat Washington bekerja dapat dikunjungi di Philly. Rumah dinas presiden lengkap dengan fasilitasnya juga dapat dinikmati. Pendeknya, berkeliling kota Philadephia akan mengingatkan kita pada sejarah Amerika pada awal kemerdekaan hingga perpindahan pusat pemerintahan ke kota baru.

Satu obyek wisata yang dapat didatangi adalah Penn Landing. Tempat ini merupakan tempat berlabuhnya kapal Eropa penemu Philadelphia pertama kali. Di sini dibuat patung besar berupa kapal yang sedang menurunkan penumpang yang terdiri dari orang tua hingga bayi. Sungai luas terbentang di sebelah patung itu. Penn landing diyakini sebagai titik mula sejarah Philadephia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Introduction