Rabu, 14 Juli 2010

TAMU DARI PHILADELPHIA

Kemarin sore, saya kedatangan tamu spesial dari Philadelphia. Kawan satu ini sudah lama tinggal di Amerika, sekitar 3 tahun. Nuraini--demikian namanya--dan suaminya datang ke rumah untuk sekedar silaturahmi. Nuraini adalah kawan waktu kuliah di Jakarta, sama-sama mengambil program Interdisciplanary Islamic Studies (IIS). Teringat waktu masih kuliah, saya dan beberapa kawan termasuk Nur membuat study group untuk membahas berbagai materi kuliah sekaligus persiapan ujian-ujian. Terkadang, saat diskusi, ada hidangan sederhana yang dimakan bareng-bareng.
(Wow senangnya jadi anak kos...hehe)

Nur mendapat kesempatan ke Amerika melalui Fulbright untuk program guru bahasa Indonesia selama 9 bulan. Setelah program selesai, ia meminta ijin ke Fulbright untuk memperpanjang masa kontrak dengan perjanjian baru. Akhirnya, hingga kini, ia masih bisa menghirup udara bebas di Amerika dan bahkan telah menikah dengan orang Banjarmasin yang bekerja di Philadephia. Saat ini Nur sudah mempunyai anak perempuan yang lahir di Amerika. Ini berarti, anak mereka secara otomatis menjadi warga Amerika. (Wah ini jadi inspirasi untuk memperpanjang masa kunjung di US nih, tapi kayaknya nggak mungkin, soalnya harus segera balik untuk menyelesaikan disertasi...sayang banget ya...hehehe)

Semalam Nur sekeluarga nginap di rumah tempat saya tinggal. Untungnya mas Faisal tidak keberatan. Kami menggelar makan malam bersama dengan menu ala Indonesia. Uih, serasa tidak di Amerika: ketemu orang Indonesia, bicara Indonesia, dan makan masakan Indonesia. Hal ini beda banget dengan situasi ketika saya berada di Goodyear Hall atau saat berada di kampus. Tak ada seorang melayu pun dan mau nggak mau bicaranya harus casciscus alias bukan Indonesia.

Nur dan keluarga akan jalan-jalan hari ini. Sebenarnya mereka mengajak saya untuk turut serta menikmati wisata alam di New York. Tapi sayang, karena saya hari ini harus masuk kelas mengikuti kursus intensif, saya tidak bisa ikut mereka berkeliling kota. Saya pingin absen tetapii saya sudah absen sekitar 10 hari akibat visa saya yang terlambat. Jadi, malu kalau nanti dinyatakan tidak lulus gara-gara sering jalan-jalan (hehehe, sok rajin nih yeee). Tapi, saya rencananya ikut gabung jalan-jalan ke air terjun Niagara seusai kursus sore hari. Niagara adalah salah satu tujuan wisata internasional yang dimiliki Amerika. Semoga saja rencana ini dapat terlaksana. amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Introduction