Rabu, 27 Oktober 2010

CARA MENGUBAH BLOGSPOT.COM MENJADI CO.CC

Bagi pecinta blogger, mungkin informasi ini bisa bermanfaat. Biasanya, ketika kita ingin memiliki blog pribadi, pilihan populernya adalah kita mendaftar di blogger.com. Kita tentunya harus mempunyai alamat email terlebih dahulu. Setelah berhasil membuat blog sendiri dengan segala variasinya, terkadang terbetik dalam hati untuk memperpendek alamat blog kita agar tidak selalu berakhiran blogspot.com. Nah, ternyata kita bisa membuat akhiran tersebut menjadi lebih pendek, seperti pengalaman saya berikut ini.

Sudah hampir dua tahun saya mengelola blog pribadi dengan alamat sudirmansetiono.blogspot.com. Para pengunjungnya pun cukup lumayan setiap harinya. Rata-rata mereka mengakses blog saya melalui google saat mencari artikel yang sesuai dengan minat pembaca. Belakangan ini, saya berpikir untuk memodifikasi alamat blog saya agar lebih pendek. Pilihan saya jatuh pada co.cc. Dulu saya pernah mencoba menggunakan alamat tersebut tetapi belum berhasil. Nah, saat ini, ketika saya coba ulangi lagi, ternyata impian saya bisa terwujud dengan alamat sudirmanhasan.co.cc.

Langkah-langkah pendek yang harus kita lakukan  adalah sebagai berikut:
1. Buka website http://www.co.cc/ ( di sana tertera bahwa untuk kepentingan pribadi, tidak dikenakan biasa alias free)
2. Ada pernyataan "get free domain with DNS service" lalu di bawahnya ada http://www............co.cc/
Pada bagian ini kita tulis alamat domain yang kita sukai. Untuk kasus saya, saya tulis sudirmanhasan.co.cc
3. Klik tombol di belakangnya "check availability", maksudnya alamat yang kita tulis akan dikomfirmasikan apakah pernah dipakai atau belum. Ketika dinyatakan http://www.sudirmanhasan.co.cc/ is available berarti alamat kita bisa diterima. Dengan begitu kita bisa lanjut ke langkah selanjutnya, yakni registrasi. Proses ini dimulai dari mengklik tombol "continue to registration"
4. Nah, ketika tombol sudah diklik, layar yang muncul adalah "Sign in to Co.cc with your  CO.cc  Account " Di sini, jangan langsung isi form terus "sign in" karena kita belum terdaftar (di sini dulu kesalahan saya), tapi lihat di bawahnya, ada tombol yang berbunyi "create a new account". Tombol ini  berfungsi mengarahkan kita untuk mengisi formulir pendaftaran.
5. Jika kita sudah sampai pada pengisian formulir yang judulnya "user name/enter a password" berarti kita sudah berada di jalan yang benar. Kita isi kotak-kotak kosong itu dengan info yang dibutuhkan, seperti nama, alamat email, dan passwordnya. Di bawahnya lagi ada formulir tentang organisasi, alamat lengkap, telepon, negara dan lain-lain. Kita isi aja dengan sesuka hati.
6. Terakhir jangan lupa klik kotak kecil "I accept the term"
7. Lalu langsung pencet "create account now"
8. Jadi deh.
9. Kita langsung diajak masuk menu sign in. Nah, karena kita tadi sudah punya user (email) dan password, kita masukkan saja di kotak itu, plus kata sandinya,  lalu klik "sign in."
10. Nah, langsung ada ucapan selamat, "Your new domain has been successfully registered."
11. Tinggal satu langkah lagi, yakni klik "set up" di bagian bawah. Kalau tidak, pendaftaran kita akan dianggap hangus dalam waktu 48 jam.
12. Setelah kita klik set up, kita akan dibawa ke layar yang menunjukkan alamat co.cc kita, kita klik lagi "set up" di sebelah kanannya.
13. Nah, di sini, cukup lihat nomor 3 saja, yang bunyinya "URL Forwarding" artinya alamat co.cc kita akan diarahkan ke alamat blogspot.com kita. Klik saja kalimat di bawah nomor 3  itu yang bunyinya "You.co.cc will redirect to your own website" kita langsung diarahkan untuk menulis alamat blog kita yang asli. Untuk kasus saya, saya tulis sudirmansetiono.blogspot.com. Lalu "title page"nya saya isi Islamic Philantropy yang menjadi judul blog saya.
14. Klik tombol "set up" dan sudah deh, berhasil......Untuk mengujinya, silakan buka alamat blog berakhiran co.cc kita di layar baru. Insya Allah sukses....langsung muncul blog kita...

Gimana, agak rumit kah? Tapi kalau kita langsung berhadapan dengan komputer, mudah banget kok, karena sudah saya paparkan instruksinya satu demi satu dan saya praktikkan langsung berbarengan dengan menulis langkah-langkahnya. Semoga tidak tersesat ya....Selamat mencoba....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Introduction